AKU MENJAGA BANGSAKU - gencivil17

Latest

Blog gencivil17 membahas semua yang berkaitan dengan teknik sipil secara keseluruhan

Advertising

Thursday, December 3, 2020

AKU MENJAGA BANGSAKU

 

AKU MENJAGA BANGSAKU

MINHAR HASIM_BEM_SULAWESI TENGGARA

Minharhasim05513@gmail.com ; 085255545052

 


Setiap orang mempunyai peran bagaimana berkontribusi dalam sejahteranya masyarakat dalam berbagai aspek yakni aspek ekonomi, aspek kesehatan dan juga aspek sosial. Masyarakat yang dimaksud sangat pasti adalah yang berada dalam sebuah bangsa. Bangsa itu sendiri merupakan suatu wadah yang menampung jutaan bahkan ratusan juta jiwa manusia yang hidup didalamnya. Manusia yang tidak memiliki karakteristik yang sama atau memiliki banyak perbedaan secara fisik khususnya dan itu dapat kita lihat mulai dari tinggi badan, berat badan dan lain sebagainya. Sedangkan secara umum perbedaan itu kita dapat klasifikasikan melalui potensi yang dimiliki antara satu dengan yang lainnya.

Bangsa kita adalah bangsa indonesia. Setiap masyarakat bahkan tidak hanya masyarakat indonesia melainkan masyarakat dari bangsa yang lain menginginkan bangsanya terus berkembang atau tidak tetap pada kedaan yang sama atau konsisten pada suatu kondisi yang tidak baik bahkan masyarakat itu sendiri sampai pada keinginan yang ambisius bahwa menginginkan bangsanya dapat maju. sebuah kebanggan yang sangat besar menjadi masyarakat dari bangsa indonesia karena memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpah, keberagaman suku dan budaya yang sangat banyak dan jumlah pulau yang membentang dari sabang sampai merauke.

Tetapi apa yang terjadi dengan bangsa yang kita banggakan dan harapkan dapat maju ini. banyak hal negatif yang terjadi di negara kita seperti korupsi, pemanfaatan teknologi yang tidak edukatif, gaya masyarakat yang kebarat-baratan yang menggeser budaya kita dan yang terakhir adalah pemanfaatan akan sumber daya alam yang sangat minim oleh masyarakat itu sendiri. Hal itu menjadi sebuah pertanyaan yang sangat besar bahwa mengapa hal itu dapat terjadi. Yang padahal potensi kekayaan yang kita meliki sebagai masyarakat bangsa indoensia sangat banyak.

Kurangnya kesadaran serta kepentingan utama yang dalam pikiran seseorang yakni hanya ada kebermanfaatan pada dirinya sendiri bukan pada kebermanfaatan pada banyak orang, integritas yang terkikis seiring perkembangan akan keinginan memiliki sesuatu adalah alasan yang menjadi faktor penting mengapa tindakan sangat tidak baik itu dapat terjadi. Tindakan tindakan tersebut menjadi penghambat kemajuan bangsa kita seperti pada harapan yang kita inginkan dikarenakan kita hanya dapat melihat sampah dari hasil pengolahan bangsa lain yang diambil dari dalam bangsa kita. Selain itu apa yang kita nikmati sekarang belum sama sekali menjadi penunjang kesejahteraan dimasyarakat karena adanya pemanfaatan tehadap amanah yang diemban. Itulah yang menjadi tantangan sangat besar bangsa kita dapat maju dan bersaing dengan bangsa yang lainnya.

Kita  perlu melakukan penekanan dalam diri bahwa itu bukanlah hanya tugas pemerintah untuk dapat memperbaiki itu semua tetapi tugas kita sebagai seorang pemuda karena kita aalah agen perubahan yang memiliki daya nalar yang kritis dan fisik yang kuat. Sebagai pemuda kita harus dapat berencana diiringi dengan tindakan yang nyata walaupun sederhana. Tidak menunggu tua untuk dapat berkontribusi dalam pengembangan bangsa yang menjadi kebanggan kita. Seperti kata Bung Karno “kalau bukan kita, siapa lagi ? kalau bukan sekarang, kapan lagi ?.

Ketahanan integritas dan idealisme dalam diri yang selalu kokoh sehingga mengakibatkan kepemimpinan yang adil dan bertanggung jawab adalah hal yang harus kita hadir kan sebagai seorang pemuda. Sikap itu menjadikan diri kita juga dapat baik sehingga dapat mempengaruhi keluarga, lingkungan sekitar sehingga tercipta tindakan baik yang bermanfaat bagi banyak masyarakat dalam bangsa indonesia. Kita juga sebagai pemuda dari sekarang harus paham akan potensi yang dipunya dalam diri karena kita merupakan peran penting yang dapat menjadi ketahanan nasional bangsa indonesia. Penguatan ikatan persaudaraan adalah hal yang harusnya tidak hilang dalam diri pemuda. Sehingga aku dapat menjaga bangsaku dan begitupun kalian dapat menjaga bangsa kita bersama yakni bangsa indonesia yang sangat kita cintai dan banggakan.


Penulis : Minhar Hasim

Terimakasih Telah Membaca!!

No comments:

Post a Comment