CARA MENGUBAH DATA KECEPATAN ANGIN (NOAA) DARI EXCEL KE FORMAT CSV - gencivil17

Latest

Blog gencivil17 membahas semua yang berkaitan dengan teknik sipil secara keseluruhan

Advertising

Thursday, September 3, 2020

CARA MENGUBAH DATA KECEPATAN ANGIN (NOAA) DARI EXCEL KE FORMAT CSV

HALO SOBAT GENNERS

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial mengenai bagaimana cara mengubah data kecepatan angin (NOAA) dari Excel ke dalam bentuk CSV

CSV (Comma Separated Values) adalah sebuah format file yang biasanya berisi data baik angka maupun huruf, dan tersusun dalam bentuk koma (dengan kata lain memisahkan data yang berbeda dengan koma) sehingga dapat digunakan untuk menampilkan suatu data pada aplikasi lain yang mendukung format CSV tersebut.

Microsoft excel merupakan salah satu program yang mendukung format csv dalam pengaplikasiannya. Sebagai salah satu program yang sangat populer dalam mengolah data, excel dapat digunakan untuk mengolah data yang ada, lalu menjalankan data tersebut ke dalam format csv. Hal ini akan memudahkan pengguna apabila pada suatu software memerlukan suatu data yang hanya dibaca dengan format tertentu (salah satunya adalah csv).

Data kecepatan angin (NOAA) sangat banyak digunakan untuk keperluan perencanaan (terutama dalam bidang Engineering). Karena hal ini, data kecepatan angin juga membutuhkan hasil Visual yang nantinya dapat mempermudah dalam proses perencanaan. Oleh karena itu, data dari Excel dapat diubah menjadi format CSV sehingga data tersebut dapat berjalan pada software/aplikasi lain yang akan digunakan.

Akan tetapi, pada praktiknya masih banyak pengguna yang belum mengetahui bagaiamana cara mengubah data excel ke dalam bentuk csv. 

Oleh karena itu kami akan memeberikan sedikit tutorial yang dapat kami bagi menjadi 2 Cara, dimana cara pertama adalah merubahnya secara online (Convert file). Serta cara kedua yaitu dengan menrubahnya secara manual di dalam excel.

### CARA PERTAMA (CONVERT ONLINE)

1. Pertama, siapkan data awal dalam bentuk excel yang nantinya akan digunakan untuk convert secara online. Dalam hal ini kami menggunakan data kecepatan angin dari NOAA.

Jika sobat berkenaan untuk mendownload data angin tersebut, silahkan klik link di bawah ini:





2. Jika sudah ketemu silahkan buka file nya sehingga akan muncul tampilan seperti di bawah ini:


3. Selanjutnya, dari data-data di atas, sebagai contoh kami hanya akan mengambil 2 data yaitu data kecepatan angin (m/s) dan juga arah angin (0). Tampilannya sebagai berikut:

4. Setelah itu, save data tersebut dalam excel dan buka browser anda untuk melakukan convert online. Silahkan kunjungi halaman convert online support excel ke csv. Contoh nya anda bisa mengunjungi laman dibawah ini:


5. Selanjutnya akan muncul tampilan laman berikut, lalu klik choose file dan pilih file data angin yang akan kita convert ke dalam format csv. lalu klik open.

6. Setelah itu file tersebut akan terupload lalu klik convert. 


7. Tunggu beberapa saat hingga file terconvert menjadi file CSV, lalu tombol download akan muncul di pojok kanan silahkan diklik dan tunggu hingga file CSV tersebut telah terdownload.


8. Setelah terdownlaod, maka sampai disini file tersebut telah berbentuk format CSV yang artinya kedua data tadi (data arah angin dan kecepatan angin) telah dipisahkan dalam tanda koma. Tampilannya sebagai berikut:















SAMPAI DISINI CARA PERTAMA TELAH SELESAI, DATA KECEPATAN ANGIN YANG SEBELUMNYA DALAM FORMAT EXCEL SEKARANG TELAH BERUBAH MENJADI CSV 😊


### CARA KEDUA (MENGUBAH SECARA MANUAL)

NOTE: Cara kedua ini adalah cara yang menurut kami sangat sederhana dan dapat dilakukan tanpa menggunakan akses internet/secara online. Singkatnya, kedua data tersebut digabung dengan tanda pemisah koma dengan menggunakan kode/input dalam program excel.

1. Seperti cara pertama, siapkan data awal dalam bentuk excel yang nantinya akan digunakan untuk convert secara online. Dalam hal ini kami menggunakan data kecepatan angin dari NOAA.

2. Jika sudah ketemu silahkan buka file nya sehingga akan muncul tampilan seperti di bawah ini:


3. Selanjutnya, dari data-data di atas, sebagai contoh kami hanya akan mengambil 2 data yaitu data kecepatan angin (m/s) dan juga arah angin (0). Tampilannya sebagai berikut:

4. Berbeda dengan cara pertama, cara kedua ini kalian hanya perlu memasukkan kode atau rumus yang akan memisahkan kedua data tersebut dengan tanda pemisah koma (Comma delimated)

Pertama, klik kolom D sehingga kolom D akan terseleksi hingga ke bawah, selanjutnya masukkan rumus berikut:
=A1&","&B1



5. Setelah memasukkan rumus tersebut, kita tinggal menekan tombol CTRL + ENTER di keyboard untuk memberikan efek rumus menyeluruh pada kolom D

PENTING!!!
Selanjutnya pindahkan kedua data pada kolom A dan B ke sheet/lembar yang lain agar pada saat di save as nanti data kecepatan angin yang terbaca hanya data yang telah diberi rumus tadi. Tampilannya sebagai berikut:



6. Tahap terakhir silahkan Save As file tersebut ke dalam bentuk CSV dan beri nama file sesuai kebutuhan kalian lalau klik Save.

SAMPAI DISINI CARA KEDUA TELAH SELESAI, DATA KECEPATAN ANGIN YANG SEBELUMNYA DALAM FORMAT EXCEL SEKARANG TELAH BERUBAH MENJADI CSV 😊

ITULAH TADI LANGKAH-LANGKA MENGUBAH KECEPATAN ANGIN NOAA DARI EXCEL KE FORMAT CSV

SEMOGA BERMANFAAT ðŸ˜Š

Sumber data angin perjam: NOAA


SALAM GENNERS

No comments:

Post a Comment