CARA MEMPEROLEH DATA KECEPATAN ANGIN (WIND SPEED) DI WEBSITE NOAA - gencivil17

Latest

Blog gencivil17 membahas semua yang berkaitan dengan teknik sipil secara keseluruhan

Advertising

Tuesday, August 4, 2020

CARA MEMPEROLEH DATA KECEPATAN ANGIN (WIND SPEED) DI WEBSITE NOAA

HALO SOBAT GENNERS

Kali ini kami akan memberikan tutorial mengenai bagaimana cara memperoleh data kecepatan angin (Wind Speed) dari laman Climate Data Online (CDO) yang dikelola oleh National Climitic Data Center (NCDC) milik NOAA.

NOAA (National Oceanic & Atmospheric Administrationmenyatakan data iklim dunia yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan seperti dalam hal pengujian kualitas udara, perencanaan konstruksi, pendidikan, energi, teknik, kesehatan, sumber daya dan sebagainya.

Dalam hal khusus, terutama dalam bidang Teknik Sipil, data seperti ini biasanya sering digunakan untuk berbagai perencanaan, seperti perencanaan Pelabuhan, Drainase, Hidrologi, Irigasi dan bangunan air serta berbagai macam perencanaan lainnya.

Adapun tutorial memperoleh data kecepatan angin tersebut adalah sebagai berikut:

1. Silahkan sobat mengunjungi halaman dari situs NOAA berikut: 
    https://www7.ncdc.noaa.gov/CDO/cdo

2. Setelah membuka URL di atas maka kita akan melihat tampilan halaman seperti gambar di bawah, Lalu silahkan klik search options yaitu Data Set/Product

3. Dalam dataset/product option terdapat beberapa pilihan jenis data, silahkan pilih bagian Global Climate Station Summaries, lalu klik Acces Data/Products.
4. Selanjutnya ada notice ketentuan dengan tampilan seperti gambar di bawah, klik saja I Agree to these terms.
5. Setelah menyetujui ketentuan di atas, maka akan muncul tampilan pilihan pengambilan data (Retrieve data) seperti data berdasarkan Worlwide, Geographic Region, Country, dan Station Range. Dalam hal ini, kami memilih berdasarkan negara/Country, yaitu Indonesia. Lalu klik Continue.

6. Selanjutnya klik Continue lagi.
7. Setelah itu akan tampil beberapa stasiun pengamatan yang ada di Indonesia, sesuai dengan kategori pemilihan data yang kita pilih sebelumnya. Silahkan Sobat cari stasiun yang diinginkan. Misalnya kami mengambil contoh pada staisun BAU-BAU/BETO AMBIRI. Lalu klik Continue.
    
8. Tahap selanjutnya adalah menentukan detail data yang kita perlukan, pada poin 1 kita disediakan pilihan berupa berapa lama data yang kita inginkan. Seperti data 5,10,20 hingga data 30 Tahunan. Disini kami memilih create custom Summary agar lebih mudah dalam menentukan sendiri cakupan data yang diinginkan. Setelah itu ada dua pilihan pengambilan data, yaitu secara Range maupun tidak. Dalam hal ini kami memilih Using a date/time range, dimana data tersebut diambil contoh dengan range selama setahun pada tahun 2019 dengan format luaran data Single Table Summary, dan tipe observasi yaitu All (all hourly and special observations)Serta tipe data Wind speed/Direction Summary. Lalu klik Continue.


9. Selanjutnya silahkan centang reCAPTCHA lalu klik Generate summary.

10. Setalah di generate maka akan muncul data kecepatan angin pada staisun BAU-BAU/BETO AMBIRI dimana range data tersebut adalah dari jam 00:00 pada tanggal 01-01-2019 hingga jam 23:59 tanggal 31-12-2019 yang disajikan dalam bentuk tabel seperti gambar di bawah. Dari tabel tersebut terdapat range kecepatan angin dalam satuan KNOT, lalu terdapat pula direction atau arah mata angin (Blok merah), serta kecepatan rata-rata angin tiap arah mata angin selama setahun pada tahun 2019 (Blok biru). 



Itulah tadi pembahasan mengenai bagaimana cara memperoleh data kecepatan angin di situs NOAA untuk digunakan dalam beberapa perencanaan terutama dalam bidang teknik sipil.

SEMOGA BERMANFAAT😁

Sumber: NOAA

SALAM GENNERS

No comments:

Post a Comment